Perihal

Kelompok Pengguna Linux Indonesia (KPLI) Pacitan adalah kelompok yang mewadahi para pengguna Perangkat Lunak Bebas dan Open Source khususnya Linux di Kabupaten Pacitan dan sekitarnya. Di luar negeri, kelompok semacam ini diistilahkan dengan Linux User Group (LUG), sedangkan di Indonesia dikenal dengan istilah KPLI, yang tersebar di masing-masing daerah. Meskipun demikian, tidak ada hubungan vertikal antara KPLI satu dengan yang lainnya, sehingga tidak ada istilah “KPLI Pusat”. Pembentukan KPLI Pacitan diawali dengan disetujuinya permohonan request atas subdomain pacitan.linux.or.id untuk diarahkan ke server yang dikelola ICT Center Kabupaten Pacitan di SMK Negeri 1 Pacitan pada 5 Oktober 2009, dan baru mulai online sebagai web berbasis WordPress pada 11 Oktober 2009.

Dengan adanya portal KPLI Pacitan ini, diharapkan dapat tercapai banyak hal positif yang diantaranya berupa peningkatan pemahaman masyarakat khususnya di Kabupaten Pacitan akan pentingnya memanfaatkan Perangkat Lunak Bebas dan Open Source utamanya Sistem Operasi Linux, serta meningkatnya peran serta masyarakat dari kalangan akademisi, birokrasi, dan dunia usaha/industri untuk turut berbagi suka duka dan pengalamannya dalam memanfaatkan Linux dan PLBOS lainnya.

Registrasi untuk mendapatkan keanggotaan pada website portal pacitan.linux.or.id ini untuk sementara masih kami nonaktifkan karena masih adanya masalah pada server pengiriman e-mail yang diperlukan untuk registrasi.

Update (2010-10-25):

Registrasi untuk mendapatkan keanggotaan pada website portal pacitan.linux.or.id ini sudah kami aktifkan meski terpaksa menggunakan SMTP server milik Gmail. Untuk itu, jika Anda pengguna ataupun pemula di Linux dan yang terkait dengannya, dan utamanya berdomisili di Pacitan, silakan untuk segera mendaftarkan diri.

6 comments

  1. gurumutant berkata:
    Firefox 3.6.3 Firefox 3.6.3 Ubuntu 10.04 Ubuntu 10.04
    Mozilla/5.0 (X11; U; Linux i686; en-US; rv:1.9.2.3) Gecko/20100423 Ubuntu/10.04 (lucid) FireDownload/2.0.1 Firefox/3.6.3