Menyiapkan Lingkungan Pemrograman Grafik OpenGL di Ubuntu Linux

Agustus 10th, 2017 by Hendri Winarto Leave a reply »

Pada struktur kurikulum Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) SMK Tahun 2013, terdapat mata pelajaran Pemrograman Grafik, yang di dalamnya berisi materi utamanya pemrograman grafika komputer menggunakan library grafis OpenGL. Di sistem operasi Windows, persiapan dapat dilakukan dengan mengkopi beberapa library dan includes ke MS Visual C/C++, lalu pemrograman dapat dilakukan menggunakan IDE MS Visual C/C++ ataupun dari Qt Creator dan IDE lainnya.

Di Linux, library grafik milik OpenGL yang digunakan di Windows tidak dapat kita gunakan. Untuk itu, kita perlu menyiapkan library yang memang didesain untuk digunakan di Linux, salah satunya FreeGLUT. Perintah berikut menginstalasi freeglut :

sudo apt-get install freeglut3 freeglut3-dev libglew-dev 

Selanjutnya, perintah berikut digunakan untuk menginstall compiler yang dibutuhkan untuk C/C++ dan mesa utils:

sudo apt-get install build-essential libgl1-mesa-dev mesa-utils

Sebenarnya, pada langkah ini kita sudah bisa mengkompilasi program grafik melalui command line, misal

g++ triangle.cc -lglut -lGL -o triangle

Namun, untuk kemudahan pengerjaan program, kemudahan debugging, dan untuk mendapatkan fitur auto-completer, ada baiknya kita gunakan editor berbasis GUI, misal QT Creator. Qt Creator di Ubuntu dapat dipilih dari Ubuntu Software Center :

Tapi sebelum menginstall, pastikan opsi berikut ini anda centang :

 

 

Namun, jika saat membuat project baru pada Qt Creator muncul pesan mengenai “No valid kits found” pada bagian Kit Selection, Anda perlu menginstall ini terlebih dahulu :

sudo apt-get install qt5-default

Setelah itu, silakan uji coba menggunakan sampel aplikasi OpenGL di C/C++ yang Anda miliki, dengan menggunakan kategori Non-Qt Project -> Plain C Application atau Plain C++ Application. Namun, ada satu baris kode yang harus Anda tambahkan pada file .pro di project Anda agar kompilasi menggunakan library OpenGL dapat berjalan lancar:

LIBS += -lm -lglut -lGL -lGLU

Jika aplikasi yang Anda jalankan mampu menampilkan window gambar yang dihasilkan via fungsi-fungsi OpenGL, maka setting Anda sudah sesuai.

Contoh kode program sederhana untuk menampilkan bujur sangkar berwarna hijau:

#include <iostream>
#include <GL/glut.h>
using namespace std;
void tampil() {
 glClear(GL_COLOR_BUFFER_BIT); // Menghapus layar
 glBegin(GL_LINE_LOOP); // menentukan drawing primitive
 glColor3ub(0,255,0); // menentukan warna (R,G,B)
 glVertex2f(-0.7,0.7);
 glVertex2f(-0.7,-0.7);
 glVertex2f(0.7,-0.7);
 glVertex2f(0.7,0.7);
 glEnd(); glFlush();
}
int main(int argc, char **argv) {
 glutInit(&argc, argv);
 glutCreateWindow( "Pemrograman Grafik RPL 2017");
 glutDisplayFunc(tampil); // mengeset display function
 glutMainLoop();
 return 0;
}

Tampilan output :

Sedangkan untuk di LinuxMint 18.2, silakan ikuti video tutorial berikut ini :

Advertisement

Tinggalkan Balasan

*