CD Burning di Debian/Ubuntu via Command Line

November 26th, 2010 oleh Hendri Winarto Leave a reply »
IBM x3250 ICT Center Pacitan

IBM x3250 ICT Center Pacitan

Tadi malam ada anggota baru di keluarga server ICT Center Pacitan, sebuah server IBM x3250-M3 C2A. Karena saya tidak ingin ada waktu menganggur bagi server ini, maka segera saya siapkan CD installer sistem operasi untuk memberi hardware mahal milik negara ini “nyawanya”. Untuk beberapa saat saya sempat bimbang dengan pilihan OS yang akan digunakan, karena selama ini webserver yang telah mengabdi sejak tahun 2006 berjalan stabil di Debian 4.0 (Etch), hingga diupgrade ke versi 5.0 (Lenny). Tapi hati ini juga kecewa dengan paket-paket binary resmi yang seringkali terlalu outdated di Debian, padahal di Ubuntu sudah jauh lebih baru.

Dengan memutuskan untuk mengesampingkan sejenak ikatan emosional dengan Debian, akhirnya saya putuskan untuk memilih Ubuntu 10.04.1 LTS sebagai distro of choice bagi IBM System x3250 di ICT Center Pacitan. Nah, untuk mempersiapkan CD installer, tentunya harus burn dulu dari file ISO, yang pada saat saya butuhkan ternyata masih berada di webserver lama, dan untuk mengkopinya via LAN kecepatannya kurang rasional. Solusi yang terpikir oleh saya adalah, memasang Portable USB DVDRW Drive ke server, lalu burn langsung via command line dari puTTY.

Itulah awal dari ditulisnya artikel ini, karena seringkali saya sendiri lupa jika tidak menuliskan apa yang pernah saya alami dan lakukan di Linux. Pertama, yang perlu kita lakukan adalah mengecek apakah di OS kita sudah ada aplikasi cdrecord. Jika belum ada, dan Anda menggunakan distro Debian atau turunannya, jalankan perintah :

apt-get install cdrecord

lalu ikuti konfirmasi yang ada hingga instalasi selesai.

Langkah berikutnya setelah cdrecord terinstall adalah dengan mengecek device Optical Drive yang akan kita gunakan untuk membakar CD, karena cdrecord membutuhkannya sebagai parameter. Jalankan perintah berikut:

cdrecord -scanbus

contoh outputnya :

2010-11-26_095346

Dari output tersebut diketahui bahwa device ID atau SCSI bus dari drive yang akan saya gunakan adalah 2,0,0
Informasi lain yang kita butuhkan adalah rating kecepatan tulis (writing speed) yang dimiliki drive ini, karena sebaiknya kita spesifikasikan juga saat menjalankan cdrecord agar CD Writer kita tidak dipaksakan burning pada kecepatan melebihi spesifikasinya. Untuk keperluan  ini, jalankan :

dmesg

cari bagian yang tulisannya kurang lebih seperti ini :

2010-11-26_100448

Dari informasi tersebut kita ketahui bahwa rating untuk writing speed-nya 24x.

Karena informasi dasar yang kita butuhkan sudah cukup, kini waktunya kita burning ISO image yang sudah ada di path tempat kita menjalankan cdrecord. Pada contoh ini saya gunakan ISO image Ubuntu 10.04.1 untuk processor 64bit, sehingga command line yang saya gunakan adalah sebagai berikut :

cdrecord -v -eject speed=24 dev=2,0,0 ubuntu-10.04.1-server-amd64.iso

Karena ada option -v, maka cdrecord akan menampilkan proses penulisan termasuk persiapannya secara “verbose” alias “ceriwis”. Option -eject akan meng-eject tray CD saat sudah selesai burning. speed=24 menspesifikasikan cd burner untuk menulis dengan kecepatan tidak melebihi 24x, sedangkan dev=2,0,0 menandakan kita menggunakan device yang kita pilih di atas.

contoh output proses secara garis besar hingga cd berhasil melalui proses burning adalah sebagai berikut:

2010-11-26_101606

Jika semua proses berjalan lancar, maka CD yang dihasilkan kini bisa Anda gunakan untuk instalasi server baru. Selamat mencoba 🙂

Advertisement

1 comment

  1. Jehabe berkata:
    Firefox 3.6.12 Firefox 3.6.12 Windows XP Windows XP
    Mozilla/5.0 (Windows; U; Windows NT 5.1; id; rv:1.9.2.12) Gecko/20101026 Firefox/3.6.12

    Belum pernah nyoba dari CL…baru pake K3B
    Sip..sip… ilmu baru…kapan2 dicoba

Tinggalkan Balasan

ERROR: si-captcha.php plugin: GD image support not detected in PHP!

Contact your web host and ask them to enable GD image support for PHP.

ERROR: si-captcha.php plugin: imagepng function not detected in PHP!

Contact your web host and ask them to enable imagepng for PHP.