Ubuntu 9.04 Jaunty Jackalope Menyapa STKIP PGRI Pacitan

Oktober 25th, 2009 oleh gurumutant Leave a reply »

Hari ini, 25 Oktober 2009, Informatics Organization (ICON) STKIP PGRI Pacitan menyelenggarakan kegiatan Seminar Sehari “Indonesia Goes Open Source with Ubuntu Jaunty Jackalope”. Jaunty Jackalope ? Ya, mungkin sekalian sebagai “penghormatan terakhir” sebelum si Jaunty “pensiun” (meski tidak sepenuhnya demikian) sebelum digantikan posisinya sebagai “Latest stable release” oleh 9.10 Karmic Koala yang resminya baru akan dirilis 4 hari setelah seminar ini diselenggarakan.

Seminar sehari ini sedianya dapat membuka wawasan baru bagi peserta (yang sebagian besar merupakan mahasiswa Prodi Teknik Informatika, dan sebagian lainnya dari berbagai prodi lain) tentang pentingnya mengenal dan menguasai pemanfaatan Free and Open Source Software (FOSS) dimulai dari sistem operasinya, utamanya Linux. Sebanyak lebih dari 250 peserta mengikuti dengan antusias paparan yang disampaikan dalam dua sesi dengan dua pembicara terpisah.

Sesi pertama disampaikan oleh Bambang Eka Purnama, M.Kom, Kaprodi Teknik Informatika Universitas Surakarta (UNSA), yang bertema “Konsep Terbuka Solusi Efektif Sistem Operasi”. Guyonan-guyonan dan selingan gambar-gambar lucu pada slide Pak Bambang rupanya mampu mencairkan suasana yang tadinya terkesan “berat” karena kebanyakan peserta belum mengenal Linux sebelumnya. Pak Bambang juga menyampaikan pentingnya mempelajari ilmu-ilmu baru dengan tidak tergantung pada dosen maupun materi formal perkuliahan, namun juga mengeksplorasinya dari internet dan berbagai sumber lainnya. Juga ditanamkan bahwa falsafah pengembangan aplikasi open source sejatinya seperti sedekah. Kita ikhlaskan satu software yang kita buat beserta kode sumbernya, maka balasan yang kita dapatkan bisa sepuluh kali lipatnya berupa sumbangan dari orang lain atau bahkan lebih.

Sedangkan pada sesi kedua yang disampaikan oleh Hendri Winarto, S.T., dalam hal ini selaku wakil dari KPLI Pacitan (yang baru saja terbentuk dan masih pada taraf konsolidasi awal) materi lebih difokuskan pada hal teknis dan demonstrasi langsung menggunakan Ubuntu 9.04 Jaunty Jackalope dan aplikasi-aplikasi yang bisa dimanfaatkan di dalamnya, baik yang murni FOSS maupun yang proprietary. Penjelasan materi diawali dengan konsep sistem operasi, sistem operasi Linux dan Linux kernel, pengertian distro, hingga pengenalan Ubuntu Linux sebagai distro. Didemokan juga cara mencoba CD Ubuntu 9.04 yang dibagikan panitia sebagai Live CD, namun hanya melalui VirtualBox OSE dan menggunakan ISO image, untuk mempercepat proses booting dan mempersingkat waktu demo. Didemokan pula mengenai aplikasi-aplikasi FOSS sebagai pengganti software proprietary yang selama ini lazim dimanfaatkan, di antaranya OpenOffice.org, Mozilla Firefox, dan XMMS. Sempat juga pemateri mengiming-imingi peserta seminar dengan interface 3D desktop menggunakan Compiz bawaan Ubuntu 9.04.

Sebagian peserta seminar secara antusias mengajukan pertanyaan-pertanyaan mengenai kesulitannya selama ini dalam mencoba Linux, di antaranya tentang pemanfaatan printer, dukungan penulisan ke partisi NTFS, instalasi dari source tarball, dan sebagainya. Seminar diakhiri pada sekitar pukul 12:00 dan setiap peserta pulang membawa CD Ubuntu 9.04 “Jaunty Jackalope” untuk dicoba di komputer masing-masing. Semoga di kesempatan berikutnya akan ada kegiatan yang bisa lebih efektif untuk mensosialisasikan pentingnya pemanfaatan FOSS dalam berbagai aspek komputasi yang kita lakukan sehari-hari, khususnya di wilayah Kabupaten Pacitan.

File materi seminar silakan diunduh di sini :

Sesi 1 : Konsep Terbuka Solusi Efektif Sistem Operasi

Sesi 2 : Sistem Operasi Linux dan FOSS

Advertisement

2 comments

  1. oedha berkata:
    Firefox 3.0.4 Firefox 3.0.4 Windows XP Windows XP
    Mozilla/5.0 (Windows; U; Windows NT 5.1; en-US; rv:1.9.0.4) Gecko/2008102920 Firefox/3.0.4

    te-o-pe

    satu terobosan baru untuk mengurangi ketergantungan terhadap software bajakan.
    Wajib didikung semua pihak….

    Kapan ya KLPI Pacitan kerjasama dengan ICON??????

Trackbacks /
Pingbacks

  1. funny business signs images

Tinggalkan Balasan

ERROR: si-captcha.php plugin: GD image support not detected in PHP!

Contact your web host and ask them to enable GD image support for PHP.

ERROR: si-captcha.php plugin: imagepng function not detected in PHP!

Contact your web host and ask them to enable imagepng for PHP.